-->

Menyimpan ikan teri medan Tetap Segar

Menyimpan ikan teri medan Tetap Segar

Ikan Teri nasi atau biasa ada yang katakan dengan istilah ikan teri Medan, akhir akhir ini menjadi favorit sebagai lauk pelengkap.

Agar mendapatkan kualitas ikan teri terbaik, sebelum membeli,sebaiknya kita harus tahu kesegaran ikan, kondisinya yang baru dan ini bisa hal terlihat dari tampilan warna dan aroma nya yang khas segar.

Cara memilihnya mudah,dengan memperhatikan warna ikan yang putih bersih,jangan berwarna agak gelap atau kecoklatan,disarankan memilih ikan teri yang sempurna dengan tidak terpisahnya badan ikan dengan kepala

Bagi beberapa orang,saat membeli ikan teri medan dalam jumlah yang banyak, biasanya akan kebingungan, sebenarnya ikan teri tahan berapa lama jika disimpan lalu, bagaimana cara menyimpan ikan teri medan agar tidak busuk dan tetap enak gurih disantap saat dikemudian hari ikan ini akan dimasak.

Cara menyimpan ikan teri medan 

Menyimpan ikan teri medan Tetap Segar
Menyimpan ikan teri medan

Tentang cara mengemas ikan teri nasi tetap awet,karena tidak hanya pada rasa yang berubah,Ikan teri medan berubah warna jika kita tidak tahu cara menyimpan ikan ini dengan benar, perubahan warna akan terlihat jelas ketika kita lumayan lama menyimpan,dari berwarna kecoklat sampai berubah menjadi kemerahan.

Cara menyimpan ikan kering biar awet tanpa menghilangkan cita rasa dari teri nasi
Saat kita pertama kali membeli ikan teri yang berkualitas baik,umumnya ikan ini akan sedikit lembap, jadi jika anda akan merencanakan melakukan proses penyimpanan agar ikan awet,maka cara terbaiknya adalah dengan menjemur ikan dibawah matahari secara keseluruhan,lama nya waktu proses penjemuran bisa dari 5 sampai 15 menit.

Jika cuaca tidak mendukung atau mendung,tentunya sinar matahari jelas akan berkurang,maka alternatifnya adalah memanggang nya sebentar pada oven dengan mengatur suhunya supaya ikan terjamin keringnya.

Setelah proses pengeringan,selanjutnya menempatkan ikan teris nasi ini pada wadah yang bersih dan tertutup kuat.

Usahakan tempat penyimpanan di ruangan yang kering dan sejuk.
menempatkan ikan teri setelah tertutup dalam wadah, anda juga bisa menyimpan nya didalam kulkas persisnya di rak chiller.

Yang perlu dihindari adalah jika ikan teri disimpan pada ruangan yang bersuhu lembab,alasannya untuk menghindari ikan teri menjadi berjamur .

Menyimpan ikan teri medan Tetap Segar
membersihkan ikan teri 
Bila ikan teri nasi akan digunakan setelah sebelumnya beberapa hari disimpan, Khusus jika ikan teri nasi ini yang memiliki rasa asin tinggi, terlebih dahulu sebelum kita membersihkan ikan teri sebaiknya melakukan perendaman sebentar dengan air panas,gunanya untuk mempercepat kandungan garam pada ikan yang tinggi bisa menghilang.

Ikan teri nasi atau ikan teri medan tentu sudah banyak yang paham memberikan manfaat untuk kesehatan. Kandungan ikan teri,dari mencegah atau meminimalisirkan resiko osteoporosis karena membantu tulang tetap kuat dan rapat,ini disebakan oleh tingginya kalsium ikan teri medan bahkan kadarnya lebih tinggi dari susu,sehingga menjadikan ikan ini jadi pilihan menu wajib yang mesti selalu ada.

Potingan terkait
Memilih ikan Teri,Ikan Asin dan Ikan Segar Bebas Pengawet
LihatTutupKomentar