-->

Lele Asap,Lauk sehat dan Lezat

Lele Asap,Lauk sehat dan Lezat


Lele asap, lauk sehat, dan Limbat yang lezat adalah beberapa makanan khas di Tapanuli selatan. Sebenarnya, Limbat adalah ikan lele yang dapat ditemukan hampir di mana-mana di indonesia.
Hanya bagaimana mengolah jenis makanan nya saja yang berbeda.
Jika di daerah lain lele umumnya digoreng dan disajikan dengan saus cabai, lele di Tapanuli Selatan tidak diperlakukan seperti itu, tetapi diasap sebelum dikeringkan. Tujuan nya membuat lele asap dapat bertahan selama berbulan-bulan.

Istilah ‘sale”bisa disamakan dengan yang namanya pengasapan,Selain Lele, ada jenis ikan lain yang diasap seperti Baung, Lelan dan bahkan Jurung, Pada zaman lama dahulu, ikan lele asap biasanya digantung di perapian atau kompor untuk membuatnya lebih tahan lama, begitupun untuk masalah rasa kuliner satu ini di pastikan cocok untuk banyak suku pada umumnya.

Ikan lele sale biasanya dijual mentah dan di buat kemasan nya dengan aneka ukuran, peminat akan ikan sale ini termasuk tinggi, baik pelancong dari medan dan luar medan.

Lele Asap

Biasanya ikan lelel asap adalah makanan yang sangat bagus untuk orang yang ingin menghindari kolesterol.

Cara penyajiannya masakan lele asap seperti di restoran Padang. Meja diisi dengan berbagai hidangan dan sayuran, dan Anda dapat memilih menu yang Anda sukai. Menu tradisional menyajikan ikan lele lokal.

Jika Anda mencobanya, rasanya yang gurih jauh lebih tinggi,
menu ikan ini biasa disiapkan dalam beberapa cara, Ikan lele asap yang digoreng terasa lebih renyah daripada kerupuk. Sangat lezat Ikan penjualan,Dengan campuran kacang merah dan terong muda, kari dengan nasi kukus sangat enak dikonsumsi.

Ikan lele asap, juga dikenal sebagai limbat, biasanya digoreng lagi untuk dibubuhi cabai merah dan bawang panjang. Selain bawang panjang, ada yang menabur dengan Petai.

Gule dan Sambal Limbat tidak dapat ditemukan di daerah asalnya di Tapanuli selatan, karena sudah ada banyak restoran di Medan, Jakarta dan daerah lain, terutama di Sumatra, yang telah menyiapkan ikan lele asap sebagai menu tambahan .
LihatTutupKomentar